Microsoft word adalah
salah satu dari beberapa program aplikasi pengolah kata yang terdapat dalam
paket program aplikasi Microsoft office,yang sejak mulai di kembangkan pada
tahun 1983 sampai pertengahan tahun 2001. Microsoft Word dikembangkan oleh perusahaan
pembuat perangkat lunak ternama didunia yaitu Microsoft Corporation.
B.Cara Membuka Microsoft Word
• Klik tombol Start yang ada di taskbar
• Pilih Menu Program,
arahkan pada Microsoft Office dan klik Microsoft Word.
• Dan akan tampil lembar
kerja dari Microsoft Word yang masih kosong dan lembar kerja tersebut bernama
dokumen.
C.Fungsi Microsoft Word
Sebagaimana
yang kita ketahui, Microsoft Word dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen
berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan
berbagai fasilitas yang ada dalam Microsoft Word, padahal dengan
memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen.
Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama
untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam Microsoft Word.
- Jenis huruf
Agar dokumen
yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”,
sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
- Pembuatan Numbering
Biasanya,
pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan
dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu,
harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan
peraturan pembuatan suatu dokumen.
- Pembuatan Outline
Biasakan
bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views +
Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang
akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal
sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level
2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change
List Level)
- Pemakaian Break Section
Biasanya
dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap
section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata
Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i,
ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk
setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page
Layout +Break +Next Page).
- Penomoran Halaman
Seperti yang
telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas
break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki (
Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start
at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus
halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer
nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design +
pilih different first page)
- Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan
yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor
gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang
diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk
pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table
of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada
perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal
diklik kanan pilih update field.
- Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan
daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of
contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di
update (sama seperti update daftar tabel)
- Editing dengan Document Map
Agar editing
yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas
document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan
halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat).
D.Sejarah
Perkembangan Microsoft Word
Sejarah
panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, banyak perubahan
danpenambahan fasilitas sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992.
Waktuitu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. Pada
versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai
pengolah kata, Microsoft Excelsebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint
digunakan sebagai aplikasi presentasiyang handal dan Microsoft Mail digunakan
untuk menerima dan mengirim email.
Setelah
populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft
kembalimeluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft
meluncurkan sistemoperasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini
Microsoft merombak totalWindows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup,
perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu.
Sejalan
dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri
terus berkembang dan semakin mapan danterus digandrungi serta digunakan oleh
sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.
Sampai pada
tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office
dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi
perkantoranmodern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak
digunakan saat iniantara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002)
dan Microsoft Office 2003. Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak
kemampuan Microsoft Office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun
sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus
berkembang.
MICROSOFT
WORD 2007
Microsoft Office Word 2007 merupakan
sebuah program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft
Corporation. Microsoft Word 2007 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi
sebelumnya. Microsoft Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon
sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim
mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi
sebuah standar bagi tampilan menu.
Bagi yang
baru bermigrasi dari Microsoft Word 2003 ke Microsoft Word 2007 tidak perlu panik dengan
pemandangan yang begitu asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan
setelah itu, Anda akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila
Anda kurang percaya, silahkan buka Microsoft Word 2007, letakkan pointer mouse ke
area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apa yang terjadi? Anda benar! Anda
dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya dengan putaran tombol gulir
saja.
Kembali ke
masalah menu icon, Microsoft Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam
menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100%
dikuasai Kaum Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).
Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab adalah
sederetan menu yang ditandai dengan teks. Tab terdiri dari tab File, Insert, Page Layout,
dll.
Ribbon adalah area yang digunakan untuk
menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
Sedangkan Group
adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.
Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri
dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki
kesamaan fungsi.
Tampilan Jendela MS Word 2007
Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area
kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print,
Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan
file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word
Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap Microsoft Word 2007) dan
Exit Word (digunakan untuk menutup jendela Microsoft Word). Berikut ini adalah
contohnya.
Nama Icon
|
Keterangan
|
New
|
digunakan
untuk membuat file dokumen kosong baru
|
Open
|
digunakan
untuk membuka file dokumen yang tersimpan
|
Save
|
perintah
untuk menyimpan file dokumen aktif
|
Save As
|
digunakan
untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
|
Print
|
digunakan
untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
|
Prepare
|
digunakan
untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
|
Send
|
digunakan
untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
|
Publish
|
perintah
untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
|
Close
|
digunakan
untuk menutup file dokumen aktif
|
Mengenal
Fungsi Icon pada Tab Home
Tab Home
terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.
1.Group Clipboard
Group
Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste :
untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk
memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk
menggandakan teks/objek terpilih.
Format
Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen
lainnya.
* Tombol
panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses
pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
2.Group Font
Menu-menu di
Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri
dari :
Font : untuk
memilih jenis huruf
Font Size :
untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font :
untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font
: untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case
: untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear
Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk
menebalkan teks terpilih
Italic :
untuk memiringkan Teks terpilih
Underline :
untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough
: memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript :
untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript
: untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect
: untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text
Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color :
untuk mengatur warna teks terpilih.
3.Group Paragraph
Group
Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk
mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets :
untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering :
untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease
Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase
Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right
: untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left
: untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort : untuk
menyortir data
Show
Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text
Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center :
untuk mengatur teks rata tengah
Align Text
Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify :
untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing
: untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading :
untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border :
untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
4.Group Styles
Group Styles
terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading
Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change
Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
5.Group Editing
Secara umum
group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find : untuk
mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace :
untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk di Microsoft Word 2007
TABEL
1.Cara Membuat Tabel di Word 2007
Ada beberapa cara untuk membuat
tabel di Word 2007:
- Menggunakan template
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, arahkan ke Quick Tables, dan kemudian klik template yang diinginkan.
- Ganti data pada template.
- Menggunakan menu Table
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table.
- Di bagian Insert Table,
geser mouse untuk memilih jumlah baris dan kolom.
- Menggunakan perintah Insert Table
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Insert Table untuk memunculkan kotak dialog.
- Di bagian Table size, masukkan jumlah baris dan kolom.
- Di bagian AutoFit behavior, buat pilihan untuk menyesuaikan ukuran tabel.
- Menggambar tabel
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Draw Table.
- Pointer akan berubah menjadi pensil.
- Buat kotak persegi. Kemudian buat garis kolom dan baris di dalamnya.
- Untuk menghapus garis, pada Table Tools, Design tab, Draw Borders grup, klik Eraser.
- Klik garis yang ingin dihapus.
2.Cara Menambah Baris dan Kolom pada
Tabel
- Klik pada sel yang ingin ditambahkan baris atau kolom.
- Pada Table Tools, di Layout tab, Rows & Columns grup, pilih:
- Insert Above, untuk menyisipkan baris baru di sebelah atas sel.
- Insert Below, untuk menyisipkan baris baru di sebelah bawah sel.
- Insert Left, untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kiri sel.
- Insert Right , untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kanan sel.
Tip: kita juga bisa menggunakan klik
kanan pada sel untuk menampilkan pilihan di atas.
3.Cara Menghapus Sel, Baris, Kolom
atau Tabel
- Pada Table Tools, di Layout
tab, Rows & Columns grup, klik Delete.
- Tentukan pilihan, apakah akan menghapus sel, kolom, baris atau tabel.
4.Cara Menggabungkan dan Membagi
Sel pada Tabel
- Menggabungkan sel
- Pilih sel-sel yang akan digabungkan.
- Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Merge Cells.
- Membagi sel
- Klik sebuah atau beberapa sel yang akan dibagi.
- Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Split Cells.
- Masukkan jumlah kolom atau baris yang ingin dibagi.
- Centang kotak merge cells
before split, apabila sel yang ingin dibagi lebih dari satu.
Misalnya, ada 2 sel yang akan dibagi menjadi 4. Bila kotak ini dicentang maka sel akan digabung dahulu baru kemudian dibagi. Sebaliknya bila kotak ini tidak dicentang, maka masing-masing sel akan dibagi 4 sehingga jumlah sel baru adalah 8.
5.Cara Format Tabel
- Menggunakan Table Styles
- Klik tabel yang ingin diformat.
- Pada Table Tools, klik Design tab.
- Di Table Styles grup,
tempatkan kursor di setiap style untuk melihat tampilan tabel.
- Klik style yang ingin digunakan.
- Di bagian Table Style Options grup, centang kotak elemen tabel yang ingin digunakan, seperti Header Row, Total Row, dan lain-lain.
- Membuat dan Menghapus Garis Pembatas
o Membuat Garis Pembatas
1. Klik tabel atau bagian tabel yang
ingin diberi garis pembatas.
2. Pada Table Tools, klik Design
tab.
3. Di bagian Table Styles grup,
klik tanda panah pada Borders, dan pilih bentuk garis pembatas yang
disediakan. Atau klik Borders and Shading, dan pada Borders tab,
pilih bentuk garis pembatas yang diinginkan.
o Menghapus Garis Pembatas
1. Klik tabel atau bagian tabel yang
ingin dihapus garis pembatasnya.
2. Pada Table Tools, klik
Design tab.
3. Di bagian Table Styles grup,
klik tanda panah pada Borders, dan klik No Border untuk menghapus
pembatas tabel.
4. Untuk menghapus bagian tertentu
saja, klik tanda panah pada Borders, dan kemudian klik Borders and
Shading. Pada Borders tab, di bagian preview, klik garis yang
ingin dihilangkan.
6.Cara Mengatur Pemisahan Baris
dalam Tabel
- Mencegah pemisahan isi baris
dalam tabel
Microsoft Word akan secara otomatis memisahkan isi baris tabel yang panjang ke halaman berikutnya bila baris tersebut terletak di akhir halaman. Untuk membuat isi baris yang panjang ini tidak terpisah dan ditempatkan semuanya di halaman selanjutnya, gunakan cara berikut: - Klik pada tabel.
- Pada Table Tools, klik Layout tab.
- Di Table grup, klik Properties, dan pilih Row tab.
- Hilangkan pilihan pada kotak Allow row to break across pages dan klik OK.
- Memisahkan tabel ke halaman selanjutnya pada baris tertentu
- Klik pada baris yang ingin ditempatkan di halaman berikutnya.
- Tekan CTRL+ENTER. Cara ini disebut juga page break manual.
7.Cara Membuat Table Heading
Berulang Pada Setiap Halaman
- Pilih baris heading (harus termasuk baris pertama pada tabel).
- Pada Table Tools, Layout
tab, Data grup, klik Repeat Header Rows.
Catatan: Table heading berulang hanya ada di print layout view atau ketika Anda mencetak dokumen tersebut. Table heading berulang tidak akan muncul bila Anda melakukan page break manual (CTRL + ENTER) dalam tabel. - Untuk menghilangkan table heading berulang: klik pada heading table di halaman pertama. Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Repeat Header Rows.
8.Mengurutkan Data pada Tabel
- Klik pada tabel.
- Pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Sort.
- Pada kotak dialog Sort, pilih kolom atau header kolom yang dijadikan sebagai dasar pengurutan.
Memberi Penomoran Pada Sel di Tabel
- Pilih sel pada tabel yang akan
diberi nomor.
Tip: Untuk memberi nomor pada setiap baris, klik pada kolom pertama. - Pada Home tab, Paragraph grup, klik Numbering.
Cara Mengubah Kumpulan Teks Menjadi
Tabel dan Sebaliknya
- Mengubah Kumpulan Teks Menjadi Tabel
- Masukkan tanda pemisah seperti koma dan tabs untuk menentukan dimana kumpulan teks ini akan dibagi menjadi kolom. Gunakan paragraf untuk menandai baris baru.
- Pilih kumpulan teks yang akan
diubah ke bentuk tabel.
Misalnya, kumpulan teks di bawah ini yang terdiri dari 2 paragraf akan diubah ke bentuk tabel. Pemisahnya berupa koma.
- Pada Insert tab, Tables
grup, klik Table, dan kemudian klik Convert Text to Table
untuk menampilkan kotak dialog. Pengaturannya seperti di gambar berikut
ini.
- Klik OK dan kumpulan
teks akan menjadi seperti gambar berikut ini.
- Mengubah Tabel Menjadi Kumpulan Teks
- Pilih kumpulan baris atau tabel yang akan diubah menjadi paragraf.
- Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Convert to Text.
- Di bagian Separate text at, pilih tanda pemisah kolom yang akan digunakan. Untuk baris akan dipisahkan menjadi paragraf.
No comments :
Post a Comment